Info CPNS Seluma - Pendaftaran CPNS Seluma Bisa Melalui Online

Ingin ikut serta tes CPNS Pemda Kabupaten Seluma tahun 2013 ini, calon peminat tidak mesti repot-repot mengantarkan berkas pendaftaran ke Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Kabupaten Seluma. Pendaftaran bisa melalui website Pemda Seluma setiap saat selama dibukanya masa pendaftaran pelamar CPNS.
 Hal ini diungkapkan Kepala BKD Kabupaten Seluma Suparto dalam jumpa pers di hadapan sejumlah awak media kemarin (22/7). “Pendaftaran dibuka online, jadi tidak perlu repot datang ke BKD, cukup memasukkan data dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk pendaftaran melalui online,” kata Suparto.
 Kapan dibukanya? Suparto mengatakan akan dimulai September 2013 mendatang. Namun pastinya, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) dan Badan Kepagawaian Nasional (BKN).  “Pastinya belum tahu, nanti akan ada pemberitahuannya dari KemenPAN dan BKN,” tambahnya.
 Kendati pendaftaran bisa melalui online, namun tidak halnya dengan pelaksanaan tes. Khusus untuk di Kabupaten Seluma, tes tetap secara tertulis dengan mengisi lembar jawaban komputer (LJK). Ini lantaran Kabupaten Seluma jauh jaraknya dari BKN Regional VII Palembang.
 “Kalau dekat dengan BKN, itu tes nya secara online. Tapi kita di Seluma masih menggunakan cara lama, yakni mengisi lembaran LJK,” kata Suparto.
 Meski tes tertulis, Suparto memastikan pelaksanaan seleksi jauh dari KKN dan dipastikan bersih. Sebab pelaksanaan tes CPNS ini, pihak pusat telah melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Intelijen Negara (BIN) serta lembaga berkompeten lainnya. Selain itu, juga melibatkan 10 konsorsium perguruan tinggi terbesar, yang akan melakukan pengawasan langsung.
 Untuk itu sambungnya, setiap pihak dihimbau untuk tidak percaya setiap ada informasi dan mengatakan bisa meloloskan untuk menjadi CPNS. Sebab itu berpotensi munculnya korban penipuan.
 “Tes CPNS tahun ini, pemerintah pusat telah melibatkan dan menggandeng KPK. Jadi tidak mungkin terjadi KKN, dan ini harus didukung penuh oleh masyarakat,” kata Suparto.
 Untuk Kabupaten Seluma tahun ini diberi kuota CPNS sebanyak 30 orang. Terdiri guru kelas tingkat SD dan guru SMK. “Rincinya bidang apa saja yang akan dibukan, hingga sekarang kita belum mengetahuinya,” tutupnya.(hue)