Urban Ink Photo

clip_image002

Mari kali ini, kita belajar tentang Efek Urban Ink. Didalam tutorial ini, anda akan diajarkan bagaimana caranya untuk membuat Efek Urban Ink dengan hanya dua layer menggunakan Blending Options.

Untuk menggunakan Efek Urban Ink ini, KBP sarankan agar menggunakan foto yang mempunyai resolusi yang tinggi dengan background yang simple. Tapi, anda juga bisa menggunakan foto yang beresolusi rendah. Tapi, KBP tetap merekomendasikan untuk menggunakan foto beresolusi tinggi dan dengan background yang simple, agar hasil akhirnya bisa menjadi lebih baik lagi.

Step 1

Buka file foto yang akan dijadikan korban kelinci percobaan Open-mouthed smile di aplikasi Photoshop anda.

 

clip_image006

Step 2

Duplikat Layer Background, dengan mengklik Layer> Duplicate Layer atau dengan menekan tombol Ctrl+J dikeyboard anda.

clip_image008

Step 3

Setelah selesai dengan menduplikat layer, lalu pilih Image> Adjustments> Threshold. Atur Threshold Level nya dengan menggeser slider, sehingga backgroundnya hilang dan hanya menyisakan bayangan berwarna hitam (lihat contoh dibawah Thinking smile)

clip_image010

Step 4

Klik tombol kanan mouse (posisinya dilayer 1), lalu pilihlah Blending Options.

clip_image012

Tekan tombol Alt, lalu drag slider Underlying Layer menuju ke warna putih disebelah kiri. Lalu klik OK ketika sudah selesai.

Jika anda men-set background nya sebagai warna hitam, maka anda harus mengatur kembali slider Underlying Layer menuju ke warna hitam disebelah kanan. (kurang mengerti Shifty lihat kembali contoh petunjuknya seperti dibawah ini.

clip_image014

Iniliah hasil dari efek setelah diberi Adjustment.

clip_image016

Step 5

Di layer pallete,  klik Create A New Layer clip_image018

clip_image020

Step 6

Setelah itu, klik kanan di mouse anda dan pilih Blending Options.

clip_image022

Tekan tombol Alt di keyboard, lalu drag slider berwarna putih di Underlying Layer kearah kiri.

Anda tidak akan melihat perubahan efek apapun, namun efek ini akan membantu anda untuk menambahkan beberapa warna pada langkah selanjutnya.

clip_image024

Step 7

Beri warna pada Layer 2 (warnanya dapat diubah, sesuai dengan pilihan anda sendiri). Gunakan Brush (B), lalu pilih brush yang besar dengan Hardness 0. KBP menggunakan warna Cyan, Magenta dan Kuning untuk hasilnya lihat dibawah ini.

clip_image026

Step 8

Pilih Layer 1, lalu warnai layer nya sesuai selera anda. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki hasil akhir dari karya anda. Untuk tutorial ini, KBP menggunakan brush yang besar dengan Hardness 0 berwarna putih untuk membuat bayangan dibelakang gambar.

clip_image030

Final Results

clip_image031

source: photoshoptutorials.ws