Tutorial Efek Jadul



Ditutorial kali ini saya akan membuat tutorial Efek Jadul. Seperti yang kita ketahui bersama yang dimaksudkan dengan Efek Jadul atau foto yang sudah lama atau foto yang usang.

>> Lanjut

Step 1
Buka foto yang akan diedit. Sebagai contoh saya menggunakan foto teman saya (maaf kawan saya tidak minta izin untuk menggunakan foto kamu sebagai bahan tutorial saya kali ini).

 
Step 2
Ctrl+ J untuk menduplikat Layer Background. Klik Image> Adjustment>Hue / Saturation
Dan jangan lupa untuk mencontreng Colorize nya.
Untuk lebih mudah setting seperti gambar dibawah ini.
 
 
Step 3
Buat layer baru Klik Layer> New> Layer
Warnai layer dengan Radial Gradient dengan warna hitam dan putih.
Seperti gambar dibawah ini.

 
Step 4
Langkah selanjutnya adalah mengganti Layer 2 efek menjadi SOftlight.

 
Step 5
Buka file Scratch untuk menjadulkan gambar. Kalau belum punyai foto Scratch, tinggal download di GOOGLE dengan search code Scratch.

 
Step 6
Drag file Scratch ke file Foto yang tadi udah diedit.

 
Step 7
Atur Scratch yang sudah didrag ke foto, buat foto Scratch tadi menutupi seluruh foto. Lalu tempatkan di layer paling atas. Ubah Efek Layer menjadi Soft Light.

 
Step 8
Sekarang membuat garis tepi bewarna putih, agar foto yang kita edit tampak lebih jadul.
Buat layer baru, terus buat kotak dengan Rectangle Marquee Tool.
Lihat contoh seperti gambar dibawah ini:

 
Step 9
Klik Select> Inverse. Lalu warnai dengan warna putih.

 
Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi..

Final Results


Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.
Amiin…..