membuat effect POP-ART


Mengubah image menggunakan effect POP-ART
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menghapus bayangan dari image. Untuk hasil yang baik, silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya dibawah ini.




Step 1

Buka foto yang akan diedit. Lalu resize (Image>Image Size) ubah image sesuai selera anda. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya ubah resolusi image menjadi rendah sebelum menggunakan effect POP-ART.

 

Step 2

Duplikat layer (Layer>Duplicate Layer) (Ctrl+J) dan ubah blending mode layer baru menjadi Luminosity



Step 3

Pilih layer 1, lalu Invert (Image> Adjustments> Invert or Ctrl+I).


Step 4

Ubah opacity layer 1 menjadi 50%


Step 5

Tekan Ctrl+Shift+Alt+E untuk membuat layer baru (stamp visible) dan hapus Layer 1

Posterization

Sekarang tambahkan effect posterize (Image>Adjustments>Posterize) ke Layer 1
Ubah level poszterize sesuai selera anda dan kebutuhan image anda.


Step 6

Aktifkan background layer dan duplikat background layer (Layer> Duplicate Layer or Ctrl+J). Lalu pindahkan background copy keposisi paling atas.
 

Step 7

Ubah blending mode background copy menjadi Multiply
 

Step 8

Pilih layer paling atas atau background copy lalu gunakan effect Threshold tool (Image> Adjustments> Threshold). Lalu ubah Threshold level sesuai selera anda dan sesuaikan dengan kebutuhan  image anda. Atau bisa menggunakan Threshold level default dengan nilai 128, dengan nilai tersebut sudah cukup bagus untuk image anda.



Menambahkan Saturation

Setelah selesai dengan effect Threshold, kita akan menambahkan saturation sebagai effect terakhir untuk membuat effect POP-ART

Step 9

Pilih layer 1 dan gunakan effect Hue/Saturation tool (Image>Adjustments>Hue/Saturation or Ctrl+U) untuk meningkatkan effect saturation


Final Results

Hasil akhirnya, apakah sudah sesuai dengan selera anda? Kalau belum puas, silahkan ulangi kembali dengan mengubah effect Posterize dan Threshold.